Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Lidah Buaya

Jerawat merupakan penyakit kulit jangka panjang yang mampu mempengaruhi kehidupan seseorang. Muncul di permukaan kulit ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sekresi minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous. Masalah ini biasanya dimulai ketika masa pubertas dan menjadi masalah umum selama masa remaja. Jerawat bisa diderita baik laki-laki ataupun perempuan. Jerawat adalah masalah kulit yang cukup "keras kepala", tapi Anda dapat mengobatinya memanfaatkan tumbuhan ajaib lidah buaya. Cara mengatasi jerawat secara alami dengan lidah buaya bisa disimak pada uraian berikut ini.
jerawat di wajah,mengatasi jerawat secara alami,tips sederhana mengatasi jerawat,mengatasi jerawat dengan jeruk nipis,mengatasi jerawat batu,menghilangkan bekas jerawat,mengatasi jerawat pada pria,

Kaya dengan sifat antibakteri, lidah buaya telah digunakan sejak dahulu untuk berbagai masalah kulit termasuk jerawat. Adanya berbagai produk perawatan kulit dengan kandungan lidah buaya membuktikan efektivitasnya untuk masalah kulit. Lidah buaya dianggap sebagai obat jerawat karena mengandung banyak tannin, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, garam mineral, karbohidrat dan asam amino yang bermanfaat. Lidah buaya pun mengandung senyawa saponin yang memberikan sifat antibakteri dan antijamur. Jadi, penggunaan lidah buaya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes (P. acnes) sudah banyak dibuktikan.

Lidah buaya pun memiliki efek desinfektan yang baik untuk mensucihamakan jerawat sehingga tak meradang. Sebagai bahan anti-inflamasi, lidah buaya mampu mengurangi jerawat yang meradang. Lidah buaya mengandung 99% air sehingga bagus untuk menghidrasi kulit sekaligus menjadi pelembab untuk kulit yang elastis, lembut dan kenyal. Dan yang juga penting adalah lidah buaya yang memiliki efek menenangkan kulit yang teriritasi karena jerawat.

Cara mengatasi jerawat secara alami dengan lidah buaya cukup mudah. Ambil sepotong daun lidah buaya ukuran besar dan cuci dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran yang menempel. Iris lidah buaya untuk diambil gel-nya menggunakan bantuan sendok. Tampung gel dalam mangkuk kecil. Pertama cuci wajah Anda dengan sabun antibakteri dan air hangat dan kemudian tepuk-tepuk menggunakan handuk kering bersih. Oleskan gel lidah buaya pada area jerawat dan biarkan kering sepenuhnya. Setelah itu bilas dengan air. Terapkan cara ini setidaknya dua kali sehari untuk mencegah jerawat makin berkembang sekaligus memudarkan bekas jerawatnya.

Pilihan lain cara mengatasi jerawat secara alami dengan lidah buaya bisa dengan merebusnya lebih dulu. Ambil daun lidah buaya dan cuci dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran. Iris lidah buaya menjadi potongan-potongan kecil. Ambil 2 gelas air, tuangkan dalam panci dan masukkan irisan lidah buaya tadi ke dalamnya. Rebus selama 15 sampai 20 menit, angkat dan dinginkan. Saring dan gunakan rebusan lidah buaya tersebut untuk menyeka kulit yang terkena jerawat. Cara ini sebagai desinfektan bagi jerawat. Ulangi perlakuan tadi dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara mengatasi jerawat secara alami lainnya adalah membuat ramuan lidah buaya dan putih telur. Tambahkan 2 sdm gel lidah buaya ke dalam putih telur dan aduk rata di dalam mangkuk. Tambahkan jus lemon segar dan aduk lagi hingga tercampur rata. Oleskan masker lidah buaya tadi pada kulit berjerawat dan biarkan hingga benar-benar kering. Setelah itu cuci masker dengan air biasa. Gunakan masker ini sekali sehari jika Anda memiliki kulit berminyak, yang lebih rentan terhadap jerawat.