Mengenal Berbagai Jenis Jerawat

Ternyata jerawat juga bermacam-macam loh, bukan hanya satu. Berbagai jenis jerawat ini disebabkan oleh hal yang berbeda dan tentunya beda penanganan juga. Jerawat batu tentu berbeda penanganan dengan jerawat komedo. Nah, semakin penasaran? Simak terus artikel berikut ya.
jenis jerawat dan pengobatannya,jenis jerawat dan penanganannya,jenis jerawat dan cara mengatasinya,jerawat batu,tipe jerawat,obat jerawat,jenis jerawat batu,gambar jenis jerawat,
Komedo
Komedo sebenarnya adalah serum, kotoran, dan bakteri yang berkumpul menyumbat pori-pori. Kotoran tersebut terkadang mongering dan teroksidasi sehingga warnanya menjadi hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan black head. Ada pula komedo yang tertutup dan belum teroksidasi udara. Komedo semacam ini biasanya berwarna putih dan sering disebut white head. Bentuk komedo kecil-kecil dan banyak terkumpul di daerah T, yaitu dahi, hidung dan dagu.

Komedo berasal dari pori-pori yang membesar dan kulit yang cenderung berminyak. Cara membersihkan komedo relatif lebih mudah dibandingkan jerawat jenis lain. Namun, bila tidak dibersihkan komedo bisa berkumpul banyak dan menyumbat hampir seluruh pori-pori kulit.

Papula
Komedo yang menumpuk bisa menyebabkan peradangan pada kelenjar sebasea. Apalagi bila ada bakteri yang terjerat di pori-pori, maka kemungkinan terjadi jerawat yang merah lebih besar. Papula merupakan jerawat merah berukuran kecil yang tidak bermata. Sebenarnya jerawat jenis ini sudah menandakan adanya infeksi pada empunya.

Pustul
Jenis jerawatberikutnya bernama pustul. Jerawat jenis ini sebenarnya merupakan peradangan dari jenis sebelumnya. Apabila terdapat jerawat papula dan tidak diobati, maka kerusakan akan semakin parah dan mengakibatkan peradangan yang meluas. Bahkan, kelenjar sebasea bisa pecah dan menginfeksi daerah sekitar.

Jerawar jenis papula yang dibiarkan akan mengundang sel darah putih untuk melawan infeksi yang terjadi. Akibatnya, keluar nanah yang merupakan sel darah putih yang mati. Itulah sebabnya jerawat jenis ini memiliki mata berwarna kuning atau putih. Ukuran jerawat pustul lebih besar daripada papula.

Kista
Kista merupakan jerawat yang membesar hingga ke folikel di bawah permukaan kulit. Apabila disentuh akan terasa nyeri. Kista ini menandakan adanya kerusakan yang meluas hingga ke jaringan dalam. Penanganan yang salah akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Inilah jenis jerawat yang terakhir.

Artikel Jerawat Lengkap :