Menangani Jerawat Berdasarkan Tipenya

Berbagai tipe jerawat memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Kalau salah penanganan justru akan berakibat fatal. Penasaran dengan teknik penanganan jerawat berdasarkan jenisnya? Temukan jawabannya di uraian di bawah ini.
jerawat, cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis, cara mengobati jerawat dengan cepat, manfaat tomat untuk jerawat dan bekas jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, obati jerawat batu secara alami,

Komedo
Komedo merupakan jerawat kecil-kecil berwarna putih atau hitam yang biasanya bersemayam di dahi, hidung, dan dagu. Jerawat jenis ini tidak parah namun akan menyebabkan peradangan dan membuat kulit tampak kusam.

Untuk mengatasi komedo, Anda harus rajin mencuci muka minimal dua kali sehari karena komedo berasal dari tumpukan sel kulit mati yang bercampur serum dan kotoran. Bisa juga dengan masker telur. Caranya, ambil putih telur dan usapkan pada kapas hingga basah lalu tempelkan pada area berkomedo. Tunggu hingga 4 jam atau hingga benar-benar kering. Setelah itu angkat dan bilas segera dengan air dingin.

Papula
Jerawat jenis ini berasal dari komedo yang dihinggapi bakteri. Untuk menanganinya Anda perlu membersihkan wajah secara teratur dan mengoleskan antibiotik pada jerawat agar kuman acne lari terbirit-birit.

Pustula
Bila papula tidak segera diobati akan membengkak menjadi pustule. Pustule adalah jerawat bermata putih atau kuning yang sebenarnya adalah sel darah putih. Jangan memegang jerawat ini dengan tangan kotor karena akan memperparah infeksi. Penanganan jerawat jenis ini adalah dengan menggunakan kosmetik anti acne, termasuk antibiotik. Kurangi kelebihan minyak di wajah dengan bahan alami seperti jeruk nipis dan mentimun sehingga minyak tidak lagi menyumbat.

Kista atau nodule
Jerawat kista atau nodule berukuran besar hingga menimbulkan rasa nyeri. Hal ini disebabkan peradangan telah terjadi hingga bagian bawah permukaan kulit. Jangan sekali-kali memencet jerawat jenis ini karena akan menyebabkan peradangan yang lebih akut. Bila jerawat kista banyak bertebaran di wajah, segera konsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Jerawat batu
Jerawat jenis ini tergolong sulit untuk disembuhkan. Bentuk jerawat besar dan hampir memenuhi wajah. Bila jerawat telah hilang akan meninggalkan bekas luka dan memperbesar pori-pori. Jerawat ini disebabkan adanya kerusakan sel kulit dan produksi minyak berlebih. Sebaiknya control dokter untuk menghentikan kelainan metabolism kulit tersebut. Penanganan jerawat jenis ini termasuk tidak mudah.

Artikel Jerawat Lengkap :