Penyebab Jerawat Muncul Kembali - Cara Mencegahnya

Sering kita bertanya-tanya “sebenarnya apa ya penyebab jerawat itu?”. Memang selama ini penyebab pasti jerawat belum diketahui. Namun, ada beberapa factor yang diduga kuat menyebabkan peradangan kulit yang disebut jerawat.
penyebab jerawat di pipi,obat jerawat,penyebab jerawat batu,cara mengatasinya,makanan penyebab jerawat,penyebab jerawat di punggung,penyebab timbulnya jerawat,hormon penyebab jerawat,
Rupanya kita perlu belajar mengenai berbagai factor penyebab jerawat. Untuk apa? Tentu saja dengan mengetahui penyebabkan kita dapat menumpas jerawat dari akarnya. Selain itu, bila tahu penyebab jerawat, maka kita dapat mencegah jerawat muncul kembali.

Sel kulit mati
Sel kulit mati yang bercampur dengan minyak, debu, dan kotoran akan menyubat pori-pori sehingga menimbulkan benjolan berwarna putih atau hitam di wajah. Bila sumbatan ini tisak dibersihkan dalam jang panjang dan dihinggapi bakteri, maka peradangan wajah tidak dapat dihindari.

Kulit berminyak
Tipe kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat ketimbang kulit wajah yang kering atau normal. Mengapa? Karena kulit berminyak memproduksi lebih banyak minyak yang apabila kering dapat menyumbat pori-pori. Kulit berminyak juga membuat suasana wajah menjadi lebih lembab sehingga bakteri mudah berkembangbiak.

Hormonal
Beberapa orang tertentu memiliki hormone androgen yang lebih banyak ketimbang pada umumnya. Efek samping dari hormone androgen ini adalah timbulnya jerawat. Oleh karena itu, penanganan jerawat terkadang menuntut seseorang untuk mengonsuksi hormon tertentu sebagai penyeimbang.

Rambut
Rambut yang kotor dan menempel di wajah akan mempermudah tumbuhnya jerawat. Bila kulit cenderung berminyak dan mudah berjerawat, sebaiknya jangan menggunakan poni rambut dan usahakan agar rambut tidak menempel di wajah. Perlu juga untuk selalu menjaga kebersihan rambut.

Bakteri
Apabila kelenjar sebasea tersumbat, maka bakteri p. acne akan membuat peradangan disitu. Akhirnya kelenjar terus membengkak hingga pecah dan mengiritasi daerah sekitarnya. Inilah penyebab jerawat batu yang berukuran besar, sulit disembuhkan dan meninggalkan bekas hitam seperti kena cacar.

Kosmetika
Kosmetika yang salah pilih bisa menyebabkan kulit justru berjerawat. Kebanyakan kosmetika menggunakan minyak sebagai pelumasnya. Padahal, untuk tipe kulit berminyak pelumas minyak akan meningkatkan resiko sumbatan sehingga mudah berjerawat. Pilih kosmetika berbahan air untuk kulit berminyak.

Artikel Jerawat Lengkap :