Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya - Hampir 90% manusia yang pernah hidup di dunia ini mengalami yang namanya jerawatan. Meskipun ada tingkat keparahan antara orang yang satu dengan yang lain. Ada yang jerawatan ketika menstruasi saja, sekali seumur hidup, dan ada pula yang sepanjang tahun selalu jerawatan.
jerawat, penyebab jerawat di pipi, obat jerawat, penyebab jerawat batu, cara mengatasinya, makanan penyebab jerawat, penyebab jerawat di punggung, penyebab timbulnya jerawat, hormon penyebab jerawat,
Jumlah jerawat yang menyerang masing-masing individu pun juga berbeda-beda. Ada yang sedikit, namun ada pula yang hamper seluruh wajahnya dipenuhi bintik merah memalukan yang bernama jerawat. Parah kan? Nah, untuk lebih tahu lebih komplit mengenai jerawat baca artikel seluk-beluk jerawat berikut ini.

Penyebab
Jerawat disebabkan sel kulit mati yang membuat minyak tidak dapat keluar. Karena sedang tersumbat, maka bacteri p.acne berbondong-bondong untuk menyerang kelenjar sebasea. Alhasil, kulit meradang dan mengiritasi daerah sekitar.

Ada pula penyebab lain jerawat seperti alergi, penggunaan kosmetika yang tidak cocok, dan kotoran dari luar. Untuk alergi biasanya terjadi pada seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi zat adiktif seperti pewarna makanan, pengawet, penyedap rasa, dan soda.

Kosmetika berbahan dasar minyak juga dapat menyumbat pori sehingga kulit mudah berjerawat. Sebaiknya pilih kosmetika khusus wajah berjerawat agar lebih aman. Selain itu, rambut yang kotor, melekatkan ponsel di pipi, dan menggunakan sprei kotor juga dapat mengundak bakteri penyebab jerawat.

Penanganan Alami
Seluk-beluk mengenai jerawat juga membahas mengenai penanganannya. Penanganan jerawat ada yang secara alami dan ada modern. Secara alami tentunya dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita seperti jeruk nipis, mentimun, tomat, dan madu untuk masker. Perawatan dengan cara alami ini amat sangat aman namun efek yang didapatkan tidak serta merta seperti perawatan dengan bahan kimia.

Sebenarnya, entah menggunakan bahan alami atau modern, yang terpenting adalah membersihkan wajah dari sumbatan sel kulit mati, debu, dan kotoran. Juga penting untuk selalu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Penanganan Medis
Berdasarkan namanya, maka yang berhak melakukan perawatan ini adalah dokter ahli kulit. Dokter akan memberikan obat oral, salep, bedak, atau bahkan teknik laser untuk mengusir jerawat membandel. Semua itu tergantung tingkat keparahan individu. Itulah sekilas tentang seluk-beluk jerawat.

Artikel Jerawat Lengkap :
LihatTutupKomentar