Tanya Jawab Seputar Jerawat Penyebab dan Solusinya

Dalam masalah kecantikan, jerawat menjadi salah satu topic yang paling banyak disoroti. Memang, sebagian besar manusia mengalami masalah kulit yang satu ini sehingga wajar bila banyak orang ingin mengetahui lebih detail. Berikut ini kami sajikan pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai jerawat.
jerawat, solusi jerawat batu,solusi jerawat dan komedo,solusi jerawat meradang,solusi jerawat punggung,solusi jerawat profile,solusi mengatasi jerawat,menghilangkan jerawat,

Mengapa kulit wajah tetap berjerawat meskipun sering merawat wajah?

Penyebab jerawat sangatlah banyak dan pastinya karena pori-pori yang tersumbat kemudian meradang. Bila sudang sering merawat wajah (cuci muka), namun jerawat masih sering nongol berarti ada yang salah dengan kosmetiknya. Coba periksa kembali apakah seluruh kosmetik yang digunakan sudah bebas minyak? Karena kosmetik yang mengandung minyak akan memicu timbulnya jerawat.

Bisa jadi pula masalah tersebut disebabkan kesalahan cara merawat wajah. Pertama cuci muka dengan facial foam. Biarkan sabun berada di wajah selama minimal 10 menit. Setelah itu baru dibilas. Gunakan pelembab berbahan dasar air dan tidak menyebabkan jerawat, misal ekstrak mentimun atau lemon. Taburi bedak yang bebas minyak atau bedak khusus jerawat.

Sudah cuci muka dan merawat wajah dengan benar tetap banyak berjerawat. Bagaimana?

Kalau kasusnya demikian periksa kembali gaya hidup Anda. Jerawat juga dapat dipicu oleh hormonal dan makanan. Cobalah mengurangi makanan berlemak dan tinggi gula. Sebaliknya, perbanyak buah, sayur, dan air putih. Hilangkan kebiasaan merokok, minuman bersoda, dan stress. Ketiga factor tersebut dapat membangkitkan hormone penyebab jerawat. Jadi, kuncinya adalah hidup sehat.

Lebih baik mana bahan alami atau obat kimia?

Semua pilihan tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Bila jerawat tidak sampai seperempat wajah, kecil (bukan jerawat batu) dan tidak nyeri sebaiknya gunakan bahan alami. Normalnya jerawat akan hilang atau dapat diminimalisir dengan perawatan wajah secara alami dan gaya hidup yang sehat. Namun bila jerawat sudah tidak dapat dibendung dan mengiritasi secara luas sebainya hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan kimia yang benar.

Bila sudah melakukan perawatan yang benar dan gaya hidup sehat apakah jerawat masih mungkin untuk kembali?

Tentu saja. Jerawat adalah bagian siklus hidup yang normal. Pada saat tertentu, misalnya saat menstruasi seseorang akan mengalami jerawatan karena hormon tidak seimbang. Hal ini masih wajar bila jerawat muncul satu atau dua dan tidak terjadi sepanjang waktu. Justru bila tidak terdapat jerawat sama sekali sepanjang masa berarti tidak normal.

Artikel Jerawat Lengkap :
LihatTutupKomentar