Jerawat Menahun Tanda Adanya Kutu Demodex

Jerawat menahun merupakan salah satu indikasi adanya kutu demodek yang berkembang di wajah. Kutu ini berukuran sangat kecil sekitar 1/3 rambut manusia dan tidak terlihat. Hidup di pori-pori dan akar rambut halus pada wajah. Kutu demodek memiliki kepala mirip kutu rambut dengan banyak kaki dan ekor panjang seperti cacing.
Penyebab Jerawat Menahun Tanda Adanya Kutu Demodex

Salah satu gejala serangan kutu demodek adalah jerawatan menahun yang tidak hilang meskipun menggunakan obat anti jerawat. Mengapa? Karena kutu demodek ini memakan krim yang ada pada kosmetika sehingga khasiatnya hilang.

Gejala lain yang tampak dari serangan kutu demodex adalah wajah kusam dan kasar saat bangun tidur. Perlu diketahui bahwa saat manusia tidur kutu demodek dapat keluar masuk pori-pori wajah dan meninggalkan bekas serta kotoran yang membuat wajah menjadi kusam. Selain itu, kuku kutu yang lancip akan merusak lapisan luar kulit sehingga menjadi kasar.

Kutu demodek yang keluar masuk pori-pori menyebabkan pembesaran pori-pori wajah. Akibatnya bakteri penyebab jerawat dan berbagai kotoran mudah masuk menembus lapisan dermis pada kulit bercampur dengan kotoran kutu. Jika sudah demikian maka jerawat menahun sulit untuk dihindari.

Bila jumlah kutu sangat banyak bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti kepala dan badan. Kutu di kepala akan menyebabkan ketombe yang merupakan kotorannya, rambut mudah berminyak dan kotor, serta jerawat pada punggung dan badan. Gejala di bagian tubuh yang lain ini turut mendukung diagnose adanya kutu demodek.

Cara untuk menghilangkan kutu demodek bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak dapat disembuhkan. Konsultasi dengan dokter kecantikan adalah hal yang wajib dilakukan. Bila semua gejala di atas telah dirasakan, maka segeralah ke dokter untuk memastikan penyebab jerawat menahun. Dokter akan mencari dengan pasti penyebab jerawat Anda, apakah karena bakteri atau kutu.

Sebaiknya jangan membeli produk yang menawarkan membunuh kutu demodek di pasaran tanpa konsultasi dokter. Masalahnya penyebab jerawat menahun Anda bisa beraneka seperti bakteri berlebih, kerusakan kelenjar minyak, hormonal, dan radikal bebas. Pengobatan tentu harus sesuai penyebab bukan?

Artikel Jerawat Lengkap :
LihatTutupKomentar